Sukses Berbisnis Online Dalam 30 Hari | Hari 1 : Membangun Mindset Pebisnis Online Sukses

[su_note note_color=”#ffef68″]

Selamat!

Anda Telah Memutuskan Mengambil Keputusan Besar Melanjutkan Petualangan Bisnis Online Anda Dengan mengikuti Materi Hari 1 Tantangan Sukses Berbisnis Online Dalm 30 Hari.

Materi Hari Pertama adalah seputar Mindset Bisnis Online, Bagaimana membentuk Mindset Pebisnis Online Yang Sukses [/su_note]

Membangun Mindset pebisnis online suksesAssalamu alaikum wr.wb – Salam Sukses sobat Netpreneur, semoga bisnis dan usaha yang kita bangun semakin berkembang dan selalu mendapat bimbingan dari Allah SWT agar tetap berada di jalan bisnis bisnis benar.

Hari ini, adalah hari Pertama dari 30 Hari Tantangan Bisnis Online yang akan sobat jalani.

Untuk itu saya berharap sobat menyiapkan Banyak tenaga dan mengosongkan ” Gelas ” agar apa yang saya sharing melalui tantangan bisnis ini bisa sobat terima dan laksanakan dengan maksimal.

Say juga berharap sobat menyiapkan mental, agar tidak terprofokasi dengan penghasilan yang dipertontonkan oleh kebanyakan pelaku bisnis online. Tetaplah fokus pada apa yang sedang anda kerjakan dan selesaikan.

Bagi kebanyakan orang Perjalanan 30 hari adalah perjalan yang sangat panjang dan bahkan mungkin membosankan. Apalagi jika perjalanan yang dilakukan itu adalah sesuatu yang masih belum jelas hasilnya.

Tidak ada kepastian.

Tidak ada kejelasan.

Oleh karena itu, hal pertama yang perlu sobat lakukan hari ini adalah memastikan bahwa sobat memiliki mindset yang benar.

Mindset yang tidak sekedar tertuju pada masalah – masalah teknis semata – bagaimana melakukan hal ini dan itu, tetapi lebih kepada Alasan di balik pilihan yang sobat pilih ini.

[su_note note_color=”#ffef68″]

“Sebagian besar orang yang gagal menjalankan bisnisnya (Online maupun Offline) adalah karena mereka tidak memiliki mindset yang benar”

[/su_note]

Untuk meraih kesuksesan, Sobat mesti memiliki motivasi yang sangat kuat- satu atau bahkan lebih – yang tetap membuat anda terjaga saat ingin tidur, tetap membuat sobat berusaha meski hasil belum kelihatan.

Bahkan Motivasi yang bisa membuat sobat bangkit kembali saat anda terjatuh.

Ada motivator menyebutnya ” Your BIG WHY “.

Ada juga yang menyebutnya Visi, Passion, Dream, Impian, Hasrat dan banyak istilah lainnya.

Namun satu hal yang jelas adalah, sobat harus mengetahui Alasan Mengapa sobat ingin menekuni dan sukses berbisnis online.

Apa Alasan di Balik Keputusan Besar ini?

Hal ini sangat penting anda miliki.

Karena BIG WHY inilah yang akan selalu menjadi pemberi semangat saat anda sedang down.

Membuat anda tetap bertahan ketika orang lain meremehkan,

Membuat anda tetap berusaha dan berjuang ketika keinginan untuk berhenti dan menyerah datang menyerang.

Jadi Apa Alasan Anda?

Setiap orang tentu memiliki alasan atau WHY yang berbeda yang bisa memotivasi untuk melakukan sesuatu.

Namun sebagai seorang Muslim, muamalah dalam bisnis, usaha atau karir yang berhubungan dengan materi, uang dan kekayaan, alasan untuk meraih kekayaan atau menghasilkan uang tidaklah cukup.

Anda mesti memiliki alasan atau motivasi yang lain diluar motivasi finansial.

Motivasi yang kami maksudkan adalah Bagaimana Memberikan Nilai Pada Produk dan layanan yang akan anda jual dan Tawarkan kepada calon Konsumen anda.

Memberikan manfaat terbesar untuk mereka.

Bisa saja anda mendapatkan uang meskipun produk yang anda jual adalah sampah atau produk dengan kualitas rendah, tetapi hal itu tidak akan bertahan lama.

Bisa saja anda memperoleh keuntungan dari layanan anda meskipun tidak memuaskan, tetapi itu hanya untuk sementara.

Apa yang anda peroleh adalah sesuatu yang bersifat jangka pendek dan sementara.

Padahal kita ingin membangun bisnis yang jangka panjang. Kita ingin memperoleh penghasilan yang terjadi secara terus menerus.

Oleh karena itu kita mesti memberikan yang terbaik, memberi value dan nilai tambah serta manfaat kepada orang lain.

Dengan demikian Bisnis kita akan langgeng.

Motivasi yang terakhir dan utama adalah motivasi dari sisi spiritual.

Kita berbisnis haruslah dengan niat ibadah, memberikan maslahat dan manfaat kepada orang lain dan sekaligus mendapatkan ganjaran pahala untuk kehidupan akhirat yang kekal.

Untuk itu, ada syarat yang harus kita penuhi sebelum berbisnis atau berusaha.

agar bisnis kita bernilai ibadah, maka setidaknya ada 4 syarat yang harus dipenuhi.

  1. Modal atau Sumber dana kita adalah sumber yang halal, dan jauh dari RIBA seperti pinjaman Bank.
  2. Produk yang kita Jual haruslah yang Halal dan Thayyib serta menjauhi hal-hal yang subhat, baik dalam hal sumber bahan baku, sifat, maupun proses produksi
  3. Sistem bisnis yang kita pilih haruslah sistem bisnis yang memenuhi 2 kriteri, Halal menurut Syariah  ( MUI ) dan Legal menurut Hukum Negara.
  4. Keuntungan dari Bisnis kita haruslah dipergunakan untuk Agama ( Allah dan Rasul-Nya ) baik keuntungan Kita Pribadi maupun keuntungan yang diperoleh perusahaan.

Untuk memahami hal itu anda mesti mengerti tentang Fiqih Muamalah, Akhlak Berbisnis dalam Islam.

Manfaat Mindset Sukses.

Mindset sukses adalah Tenaga terbesar seorang pebisnis. Spirit saat semuanya tidak berjalan sesuai rencana.

Sebagai contoh, seorang teman ( juga mentor saya ) bercerita bahwa pada awalnya ia hanya mencoba untuk menjalankan bisnis online.

2 tahun, 3 tahun berlalu namun hasil yang dia harapkan tidak kunjung datang.

Alasannya, Klasik. Ia tidak fokus di satu bisnis. Ia tergiur “berita dan cerita” sukses bagaimana orang-orang menghasilkan uang banyak dengan mudah dan cepat dari internet.

Hanya coba – coba.

Coba bisnis Blogging.

Coba Affiliate marketing. Coba Website building.

Coba Web Flipping. Adsense, Toko Online, PTC,

Coba FOREX, Investasi dan masih banyak lagi.

Hampir semua model bisnis sudah dicoba dan tanpa terasa 3 tahun berlalu. Namun hasil yang diharapkan tidak kunjung datang.

Di sisi lain Istrinya mulai hamil, dan mertua mulai kasak kusuk. Ngomel tiap hari tentang kegiatannya yang tidak ada hasil.

Akhirnya suatu malam saat menjelang tidur iapun mencoba merenung.

Apa yang telah saya lakukan selama ini?

Keterampilan Apa yang telah saya miliki?

Kenapa saya belum berhasil juga?

Pada hal sudah ada beberapa teman bisa menghasilkan ratusan bahkan ribuan dollar setiap hari.

itulah beberapa pertanyaan yang muncul di kepalanya!

Mengapa saya belum berhasil juga?

Sampai kapan saya harus seperti ini terus?

saat melakukan perenungan itu ia membayangkan tahun – tahun yang telah berlalu tanpa hasil. Apa yang telah ia lakukan terbayang dengan sangat jelas.

Juga kenapa ia ikut melakukan bisnis online ini.

Dan yang paling jelas adalah omelan mertuanya serta cemoohan para tetangga. Ia begitu sakit hati dianggap sebagai suami yang tidak bertanggung jawab.

Ia marah dianggap sebagai laki – laki lemah.

Rasa sakit hati dan amarahnya itu kemudian membuatnya Sadar dan membakar tekadnya. Saya harus buktikan kepada mereka bahwa saya bukanlah yang seperti mereka sangkakan.

Saya adalah suami yang bertanggung jawab. Saya seorang laki – laki Yang bisa memberi nafkah keluarga.

Saya harus membuktikan bahwa bisnis online adalah pilihan yang tepat untuk saya.

Saya harus bisa menghasilkan minimal 1000 Dollar bulan depan.

Singkatnya, dengan semangat membara, tidak kenal istirahat ia mulai instropeksi diri.

Apa yang salah dengan dirinya.

Apa kekurangan dirinya.

Apa Kelebihan yang ia miliki.

Di mana bidang bisnis yang sangat ia senangi.

Ia belajar Fokus dan selalu membayangkan impiannya setiap malam. Tidur hanya 3 – 4 jam setiap hari demi janjinya untuk menghasilkan uang dari bisnis onlinenya.

Dan ternyata, alam semesta benar – benar mendukungnya. Apa yang ia perjuangkan mulai memperlihatkan hasil. 3 bulan berikutnya ia sudah bisa memberangkatkan mertuanya untuk Umroh ke tanah suci.

Istrinya dengan bangga berkisah keberhasilan suaminya kepada siapa saja yang dia temui….

Itulah salah satu kekuatan Why.

Kekuatan yang tidak bisa hilang hanya karena sedikit hambatan apalagi hanya cemoohan.

Itulah DREAM. IMPIAN.

 

Kisah lain yang sangat dikenal di kalangan para pebisnis muda adalah kisah Jay Setiabudi, Mentornya para Pengusaha Muda.

Sangat sukses sebagai karyawan dia malah banting stir menjadi pengusaha dengan modal nekat. Ia sangat tersinggung oleh ucapan orang tuanya, Masih lebih baik kecil jadi kepala dari pada Besar tapi hanya menjadi ekor.

Lebih baik punya usaha kecil sendiri dan menjadi bos, dari pada bekerja di perusahaan besar dan hanya menjadi kacung (Pesuruh).

Sentilan bapaknya ini meski singkat namun sangat berbekas di hatinya. Membuat ia rela makan indomie telur selama perjuangannya. Dan sekarang hampir tidak ada orang yang tidak mengenal ketika namanya di sebut.

Jay Setiabudi, adalah Mentor Favorit di Enterpreneur University, Pendiri Young Enterpreneur Bootcamp. Bagaimana Kisahnya keluar masuk perusahaan hanya untuk mencari modal bisnis bisa anda baca di Buku TEPOK, The Power of Kepepet.

Banyak Kisah sukses yang bisa saya ceritakan di sini, namun itu bukanlah point utama kita. Kisah sukses itu hanya memberikan motivasi kepada anda betapa pentingnya memiliki sebuah Alasan, Impian dan Motivasi dalam berbisnis.

Tugas Anda Sekarang!

Menentukan Apa Impian dan motivasi anda.

Apa yang paling anda inginkan.

Apa manfaat terbesar yang bisa anda berikan kepada orang lain.

Situasi Apa yang paling anda takutkan.

Tuliskan, gambarkan dan buat Buku Impian Anda.

Bayangkan situasi ekonomi yang paling anda takuti dan rasakan bahwa hal itu benar – benar menjadi nyata yang akan memicu adrealin anda untuk segera mencari solusi.

Bayangkan apa yang akan anak dan istri anda makan saat anda dipecat dari perusahaan. Bayangkan dan rasakan dengan penuh emosi saat anda masuk kerja di pagi hari dan itulah hari di mana anda menerima Surat cerai dari bos anda.

Teknik Brillian ini bisa anda baca di buku TEPOK. Sangat Saya Rekomendasikan untuk anda miliki bagi yang betul – betul mau jadi pengusaha atau pebisnis.

Demikian pula, bayangkan apa yang ingin anda raih. Bayangkan seperti apa kehidupan anda di tahun tahun mendtang saat anda sukses dengan bisnis anda.

Apa yang Perlu Anda Lakukan Di Hari Pertama Tantangan 30 Hari Sukses Berbisnis Online ini?

Mindset Pebisnis Online

Inilah 7 hal yang harus Anda Lakukan Hari ini!

[su_note note_color=”#ffef66″] [su_list icon_color=”#1d205a”]

  • Carilah tempat duduk yang bisa membuat kondisi anda se-rileks mungkin!
  • Tuliskan Tujuan Non Finansial dan tujuan Financial yang ingin sobat capai dari Bisnis Online Sobat! Carilah WHY Anda!
  • Bayangkan dan Visualisasikan Penghasilan yang anda inginkan Dari bisnis online yang akan anda jalankan. ( lihat NOMINAL dalam rekening anda atau lihat TUMPUKAN UANG saat anda melakukan penarikan di kasir/ teller bank. Rasakan bagaimana perasaan anda saat penghasilan yang anda peroleh sesuai dengan harapan anda. Kepuasan, kebanggaan, emosi dan kebahagiaan…
  • Bayangkan dan Visualisasikan Seperti Apa Hidup Anda 1 Tahun, 3 Tahun, 5 dan 10 Tahun ke depan dengan Penghasilan Bisnis Anda yang semakin meningkat
  • Tuliskan semua keinginan dan harapan anda tanpa kecuali dalam kondisi sekarang atau anda sudah memilikinya ( Beli buku khusus untuk menuliskan impian dan keinginan anda )
  • Tuliskan Alur Impian Yang menjadi Prioritas Utama Anda, Bayangkan dan Visualisasikan.
  • Beli Buku TEPOK dan Pelajari Bagaimana Jay Setiabudi Memandang Sebuah Usaha atau Bisnis dan bagaimana membentuk mindset untuk memunculkan Ide mendapatkan Modal Bisnis!

[/su_list][/su_note]

Sukses untuk anda yang memiliki mindset bisnis yang benar.

Jika sobat Merasa artikel ini bermanfaat, silakan berikan Komentar atau Share di facebook agar teman dan Saudara bisa memperoleh manfaat yang sama!