Tips Ahli – Inilah Alasan Utama Mengapa Bisnis Anda Gagal

Bisnis dan Usaha yang adan Jalankan Tidak Maju – Maju dan Cenderung Menurun?

Hati – hati. Bisa Jadi Inilah yang tidak anda Miliki!

Ada 1001 alasan penyebab kegagalan bisnis, namun dari sekian banyak faktor penyebab yang perlu anda perhatikan anda harus lebih fokus pada satu faktor utama.

Apa itu? Kenapa Bisnis Seseorang itu Bisa Gagal? Apa yang menjadi penyebab utamanya? Mari kita simak apa kata Ahli tentang penyebab kegagalan bisnis ini.

alasanutama penyebab kegagalan bisnis
Bisnis yang gagal adalah hal yang tidak disukai. namun sayangnya, banyak pelaku bisnis tetap melakukan hal – hal yang bisa membuat bisnis mereka menuju gerbang kegagalan. ada 1001 penyebab kegagalan bisnis yang mungkin tidak anda sadari.

 

Assalamu Alaikum Wr. wb

Salam sukses sobat Netpreneur, semoga Bisnis dan Usaha Yang kita jalankan semakin berkembang dan tetap mendapat bimbingan dari Allah SWT agar tetap berada di jalan yang benar.

Bisnis, wirausaha telah menjadi trending topik saat ini. Begitu banyak cerita tentang kisah kesuksesan bisnis yang kita dengar, baca dan lihat, bahkan dari orang – orang yang menurut “logika” kita seharusnya kita layak meraih kesuksesan lebih besar dari mereka.

Pun demikian, tidak sedikit juga yang jatuh, mundur, menyerah dan “GAGAL” dengan bisnis mereka dan hilang tanpa berita.

Termasuk Golongan Manakah Sobat saat ini?

apakah berada di golongan pertama yang telah menikmati kesuksesan bisnisnya ataukah anda termasuk golongan yang kedua?

Tidak tahu apa yang terjadi dengan bisnis sobat koq sepertinya hanya jalan di tempat dan cenderung menurun!

Bisa jadi, dan jika memang anda merasakan hal itu, anda harus membaca artikel ini dan menemukan alasan utama mengapa bisnis anda gagal dan tidak sesukses orang lain.

 

Mengapa Bisnis Hanya Jalan di Tempat dan Semakin Menurun?

Jika anda sudah menekuni bisnis anda ini selama sekian waktu dan belum juga menampakkan hasil, biasanya semangat dan rasa percaya diri kita yang awalnya sangat tinggi akan mulai menurun.

Apalagi jika kita sampai mengalami kerugian, saya yakin kita tidak akan segan-segan untuk menutup usaha anda ini dan beralih lagi untuk menjadi seorang ” karyawan”.

Kegagalan ini tentu tidak terjadi dengan sendirinya, ada faktor – faktor yang menjadi penyebannya. apa saja yang menjadi peneyebab Kegagalan bisnis ini?

 

2 Faktor Utama Penyebab Kegagalan Bisnis.

Bisnis yang sukses maupun yang gagal sebenarnya dipengaruhi oleh hal yang sama.

Sukses dan gagal itu layaknya dua keping mata uang yang tidak bisa dipisahkan. Jika bukan gambar maka anda pasti mendapat angka. Jika Bukan Kepala maka pasti dapat ekor.

Begitu seterusnya.

Sama halnya dengan Bisnis. JIka anda tidak sukses, pasti anda gagal. Jika anda tidak gagal pasti anda sukses.

Demikian juga dengan faktor penyebab kegagalan dan kesuksesan dalam bisnis. Selalu berdampingan, tidak bisa dipisahkan.

Anda akan sukses jika memilih faktor tertentu dan meninggalkan faktor pasangannya. Anda akan gagal jika mengikuti faktor tertentu dan mengabaikan faktor pasangannya.

Ada 2 faktor Utama dan ada begitu banyak faktor tambahan atau turunan yang bisa menjadi penyebab kegagalan bisnis anda. Dan berikut ini adalah 1 faktor Utama dan beberapa faktor turunan yang bisa saya angkat melalui artikel ini.

 

Mindset, Faktor Utama dan Penentu Keberhasilan dan Kegagalan Bisnis.

Bisa jadi, anda gagal menjalankan bisnis online anda karena anda tidak memiliki mindset yang benar tentang bisnis.

Anda Menjalankan bisnis tetapi anda masih bermental karyawan. ( Seperti Apa ya Mental karyawan itu? )

Untuk sukses, tentu saja anda harus memiliki mindset yang benar. Memiliki mindset yang benar adalah pasangan dari tidak memiliki mindset yang benar.

Kuncinya sangat Sederhana sebenarnya.

Jika ingin sukses miliki mindset yang benar dan tinggalkan mindset yang tidak benar.

Apa itu mindset dan seperti apa mindset yang benar bisa anda baca melalui artikel cara membangun mindset bisnis yang benar.

Mindset ini memiliki banyak turunan, seperti Tujuan atau Goal, Visi dan MIsi, keyakinan, Kejujuran, Ketekunan, Hasrat, Sikap dan Sifat.

 

Mindset Yang Salah, Faktor Utama Kegagalan Seseorang.

Ya. Mindset yang salah adalah faktor kegagalan terbesar seseorang. Bukan hanya dalam bisnis, tetapi dalam semua aspek kehidupan.

Sekolah, pertandingan olah raga, belajar, bekerja, beribadah, menjalin hubungan dan asmara maupun hubungan sosial yang lainnya.

Hampir semua sisi kehidupan jika dijalani dengan mindset yang salah maka hasilnya pasti tidak akan jauh – jauh dari hasil yang kurang memuaskan bahkan umumnya kegagalan.

Sebuah contoh Kasus.

Jika anda bersekolah namun dengan mindset yang tidak benar, misalkan tidak memiliki tujuan yang benar maka anda akan bersekolah secara asal-asalan.

Anda bisa jadi bersekolah, tetapi anda berjalan tidak sampai di sekolah anda, hanya sampai di tempat nongkrong dengan alasan lokasi sekolah yang jauh.

Jika anda diberi fasilitas motor misalnya, bisa jadi anda malah akan lewat dari sekolah. Anda akan mengajak atau memenuhi ajakan teman untuk bolos dan membentuk geng motor.

Demikian juga jika anda diberi uang jajan, bisa jadi uang itu anda pergunakan untuk main Game online atau hal negatif lainnya yang tidak menunjang keberhasilan sekolah anda.

Kenapa? karena anda tidak memiliki mindset dan tujuan bersekolah untuk apa.

Sebaliknya, bisa anda bayangkan jika sejak awal anda sudah memiliki tujuan yang jelas tentang sekolah. Anda sudah memiliki tekad untuk meraih prestasi yang terbaik untuk memberikan kebanggaan kepada orang tua anda, Ayah – Ibu anda.

Maka, sejauh manapun tempat sekolah itu pasti akan anda datangi. Sesulit apapun rintangan yang anda dapatkan pasti bisa anda lewati.

Lagi – lagi, Kenapa?

Karena tujuan anda sangat jelas dan itu merupakan kekuatan tambahan yang sangat besar untuk meraih kelulusan di sekolah anda.

 

Itu baru satu faktor, bagaimana jika anda tidak yakin, tidak jujur atau memiliki sifat yang negatif lainnya?

Bagaimana Dengan Bisnis?

Tidak ada bedanya.

Jika anda tidak memiliki mindset dan tujuan yang jelas maka anda akan menjalankan bisnis anda semaunya. Anda bekerja jika anda mau dan anda tinggalkan jika anda sedang tidak senang atau lagi tidak mood.

Hasilnya, pasti tidak jauh dari kegagalan.

Jika anda tidak memiliki mindset yang benar, maka anda akan memiliki banyak alasan untuk kegagalan anda. Anda akan selalu mencari sesuatu di luar anda sebagai alasan.

Anda akan menuding modal sebagai biang keagagalan.

Anda akan menganggap produk yang anda jual atau peluang yang kurang bagus, kondisi ekonomi yang sedang lesu, tidak ada waktu dan mungkin ada seribu satu alasan lain yang akan anda kemukakan.

Kenapa? karena anda menjalankan bisnis tanpa tujuan.

Anda tidak tahu, untuk apa anda menjalankan bisnis anda.

Anda tidak tahu dan tidak menentukan apa yang ingin anda raih dari bisnis anda tersebut.

Bagaikan orang yang naik kendaraan, jika anda tidak memiliki arah tujuan, mau ke mana anda dengan motor anda, sebagus apapun motor anda, sekencang apapaun motor anda dan seberapa banyak bensin yang anda habiskan – anda tidak akan bisa sampai ke mana – mana.

Kenapa?

Karena anda tidak tahu mau ke mana.

Ada hanya berputar-putar melewati jalan yang sama sampai seratus kali. Anda akan membuang waktu, uang dan tenaga anda tanpa hasil.

Bagaimana jika anda memiliki tujuan bisnis dari awal.

Saya yakin, ada tidak akan menjadikan masalah finansial sebagai alasan. Anda tidak akan menjadikan produk sebagai kambing hitam.

Tetapi anda akan menggunakan segala cara – tentu saja yang positif – untuk bisa meraih tujuan tersebut.

Anda akan segera memelarkan otak untuk mencari jalan keluar.

 

Jika anda tidak memiliki modal maka anda akan mencari cara bagaimana agar orang lain bisa memberi modal kepada anda. Jika anda tidak punya produk maka anda akan mencari jalan untuk mendapatkan produk.

Demikian seterusnya.

Jika ada penghalang, maka anda akan segera merespon untuk memecahkan dan melewati penghalang tersebut. Istilahnya, do what ever it takes.

Itulah alasan utama, kenapa anda belum berhasil dalam bisnis.

Anda belum memiliki mindset yang benar.

Anda Belum menentukan tujuan bisnis anda. Anda selalu mencari alasan di luar diri anda sendiri. Anda tidak tekun dan selalu menyalahkan modal sebagai alasan. Anda tidak jujur kepada diri sendiri dan mungkin oang lain.

Anda tidak yakin Bahwa Allah itu maha kaya dan Maha Pemberi. Anda tidak yakin kalau Rezki itu sudah ditentukan, tinggal kita yang harus menjemputnya. Anda tidak maksimal dalam berusaha dan berdoa.

Anda tidak memiliki ketekunan dan hasrat yang membara.

Dan …semua itu membaw kita kepada satu hal. Mencari solusi atas kegagalan yang sedang menimpa anda.

 

Solusi Mengatasi Kegagalan!

Meski seluruh tools, strategi dan modal ada dan tersedia untuk anda, tetapi anda belum menyetting mindset anda maka semua itu hanya menunggu waktu sebelum bisnis anda terpuruk kembali.

Satu-satunya jalan agar anda bisa berhasil adalah milikilah mindset yang benar.

Buat tujuan bisnis anda, baik tujuan jangka pendek, jangka menengah maupun jangka panjang.

Yakinlah bahwa Allah maha kaya, maha pemberi rezki. Yakinlah bahwa anda sudah memiliki segala sumber daya untuk berhasil.Yakinlah bahwa anda layak untuk sukses.

Tekun, dalam bekerja dan jujur dalam bekerjasama. Miliki hasrat yang membara agar semangat anda tetap tinggi untuk mencapai kesuksesan yang anda inginkan.

Yakinlah, jika mindset anda sudah benar maka tidak ada yang bisa menghalangi anda untuk berhasil. Seluruh alam semesta akan mendukung kesuksesan anda.

Oleh karena itu milikilah mindset yang benar lebih dahulu sebelum mencari alasan kenapa bisnis anda bisa gagal.

Semoga bermanfaat dan anda segera menyadari faktor utama penyebab kegagalan bisnis anda selama ini.

Sukses Untuk Kita yang Memiliki Mindset yang Benar dan Mampu Mengatasi Faktor Penyebab Kegagalan Bisnis

Silakan Berikan Komentar atau Pertanyaan Anda Dengan Sopan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *