Bisnis Rumahan – Potensi Luar Biasa Dari Bisnis Modal Kecil

Menguak Potensi Luar Biasa Dari Bisnis Modal Kecil Lewat Internet

Saat mendengar kata bisnis, maka yang pertama muncul di kepala dan pikiran kita tentunya adalah bayangan Perusahaan besar yang sudah sering kita lihat produknya seperti Perusahaan Komputer atau laptop ; Samsung, Toshiba atau Acer.

Mungkin juga yang terlintas adalah perusahaan Telepon Selular seperti Nokia, Siemens, Blackberry dan bahkan perusahaan raksasa seperti Toyota atau Honda. Atau bahkan perusahaan pertambangan seperti Freeport dan Total.

Itulah persepsi pertama yang muncul di pikiran kita dan selalu membuat kita menjadi ciut untuk memulai sebuah bisnis dari rumah. Ditambah lagi dengan sebuah alasan klasik, tidak punya modal dan tidak punya jiwa bisnis. Benarkah demikian?

Tahukah anda bahwa beberapa perusahaan – perusahaan dengan omset miliaran dolar tersebut awalnya adalah sebuah bisnis rumahan, bisnis yang dijalankan secara sampingan oleh pendirinya?

Bill Gates misalnya, hanyalah seorang yang DO dan tidak lulus dari perguruan tinggi namun namanya hampir tidak ada yang tidak mengenalnya sebagai orang terkaya di dunia saat ini. Ada Warren Buffet, Oprah Winfrey hingga ke Mark Zukenberg, Millioner Baru pemilik Facebook.

Ternyata kalau kita telusuri lebih lanjut tentang orang – orang seperti mereka, umumnya mereka memulai usaha tersebut dari garasi rumah orang tua atau dari gudang rumah yang tidak terpakai.

Meskipun tidak bisa kita pungkiri bahwa tidak sedikit pebisnis sukses yang kita jumpai sekarang memang warisan dari keluarga. Namun yang patut kita cermati adalah, ada rahasia apa dibalik kesuksesan mereka memulai bisnis dengan modal yang sangat kecil.

3 Tipe Bisnis Modal Kecil Dengan Potensi Penghasilan Luar Biasa

Setelah mendongak ke langit melihat kesuksesan financial orang – orang sukses tersebut mari kita kembali ke bumi agar kita bisa melihat lebih jelas peluang apa yang mereka tangkap namun lepas dari pengamatan kita. Peluang kecil yang bertepatan dengan kesempatan.

Untuk itu mari kita lihat 3 jenis bisnis rumahan yang bisa mewakili semua jenis bisnis yang pernah dilakukan manusia modern saat ini.

1. Bisnis Konvensional Atau Bisnis Kuadran Kiri.

Inilah bisnis yang paling lama dan paling dekat dengan Kita, bisnis konvensional. Awalnya, sebelum teknologi internet berkembang seperti sekarang ini, tidak bisa kita pungkiri bahwa memang hanya orang – orang yang bermodal yang bisa memulai usaha atau bisnis.

Bisnis yang mereka lakukan kita sebut sebagai Bisnis Konvensional. Kenapa, karena semua hal yang berkaitan dengan bisnis tersebut dilakukan secara langsung atau tatap muka.

Untuk memulai bisnis semacam ini saat ini, bisa kita katakan agak sulit jika hanya mengandalkan kemampuan dan pengetahuan sendiri. Bisnis Konvensional ini sangat sarat dengan perizinan yang ujung – ujungya adalah suap menyuap dan penjaman uang dari bank alias RIBA.

Bagi anda yang tidak punya koneksi ke birokrasi pemerintah akan sangat susah untuk bisa bersaing mendapatkan hasil yang besar. Belum lagi ancaman – ancaman dari kelompok tertentu yang sering melakukan pemerasan saat melihat usaha atau Bisnis Konvensional seseorang mulai bangkit.

Hal lain menjadi hambatan adalah permodalan.

Untuk mendapatkan lokasi yang strategis, stok barang dagangan, pembayaran gaji pegawai dan keinginan agar ramai dikunjungi orang anda butuh biaya yang sangat besar untuk promosi dan menyewa atau membeli lokasi di tengah kota apalagi di pinggir jalan utama.

Masih banyak hambatan yang akan anda temui jika mencoba memulai bisnis secara konvensional. Meskipun demikian tidak sedikit yang tetap mencoba dan berhasil.

Untuk Benar- benar berhasil di bisnis kuadran kiri ini, kita mesti butuh modal besar dan siap menanggung resiko besar.

2. Bisnis Franchise atau waralaba.

Bisnis waralaba atau franchise ini ada 2 macam, yaitu waralaba atau Franchise Biasa dan yang kedua adalah Personal Franchise. Bisnis Waralaba Ini semakin banyak jenisnya di Indonesia.

Ada Indomaret, Eramaret, Cirkle-K, Alfamart disektor ritel. Ada Primagama dan TK Khalifa dibidang pendidikan. Ada Kebab Turki milik Baba Rafi, salah satu pengusaha muda mandiri yang sukses menjadi motivator pebisnis muda lainnya. Dan masih banyak lagi pengusaha yang mewaralabakan usahanya.

Meskipun demikian, usaha ini masih tergolong berat untuk dijalankan sebagian besar masyarakat kita karena meskipun sistemnya sudah jalan, tetap memerlukan biaya yang tidak sedikit untuk mendapatkan lisensinya.

Sekedar informasi, untuk mendapat lisensi dari Indomaret kita mesti mengucurkan dana sekitar 300 jutaan. belum lagi syarat lokasi dan bangunannya.

Apa bedanya dengan Personal Franchise? Apa juga butuh modal besar?

Personal Franchise ini lebih dikenal dengan sebut MLM atau Multi Level Marketing atau Network Marketing. Memang modal yang kita keluarkan lumayan sedikit namun bisnis ini membutuhkan kerja yang ekstra. Banyak Milyuner baru bermunculan di Indonesia dari bisnis ini.

Namun sayangnya, banyak yang kurang mengerti dan tidak paham antara bisnis MLM ini dengan Money game atau skema cepat kaya (ponzy).

Kebanyakan pelaku bisnis ini lebih sering menggunakan iming – iming cepat kaya sebagai jalan untuk merekrut member baru dari pada menunujukkan keunggulan produk dan sistem pengembangan diri untuk anggotanya.

Karena kesalahan inilah, banyak yang gugur di tengah jalan karena pondasi bisnis mereka yang kurang kuat. Akhirnya mereka mundur dan menyebar informasi yang tidak tepat tentang bisnis MLM di tengah masyarakat.

Akibatnya banyak masyarakat memandang miring atau berfikiran negatif saat kita membicarakan tentang MLM.

Padahal, menurut Robert Kyosaki – salah satu mentor Bisnis Dunia bahwa Network marketing merupakan cara marketing yang terbaik yang ditemukan manusia sekarang ini.

3. Bisnis Online atau Bisnis Internet.

Inilah jenis bisnis yang paling ramai saat ini. Bisnis yang menjadikan seorang Mark Zukenberg menjadi Trillioner baru. Bisnis yang membuat Google, konon memperoleh peghasilan hingga 16 Milyar perhari.

Bisnis online atau bisnis internet ini relatif lebih murah dari 2 bisnis sebelumnya. Cukup bermodal laptop atau komputer dan jaringan internet anda sudah bisa memulai bisnis internet ini, meski hanya dari rumah.

Jika anda bertanya Apa saja yang termasuk dalam bisnis online ini? Maka jawabnya adalah semua ide bisnis yang bisa terlintas dalam pikiran kita bisa kita onlinekan atau pasarkan lewat internet.

Termasuk bisnis konvensional dan waralaba di atas.

Namun demikian, dengan semakin berkembangnya kebutuhan pebinis untuk memajukan usahanya maka bisnis internet atau bisnis online inipun semakin berkembang.

Secara umum, bisnis online atau bisnis internet ini terbagi menjadi 3 bagian besar yaitu, menjual produk sendiri, menjual produk orang lain dan kontekstual advertising.

Bisnis konvensional dan waralaba bisa termasuk kedalam bagian menjual produk sendiri maupun menjual produk orang lain. Sedangkan untuk kontekstual advertising adalah bisnis yang sumber penghasilannya hanya dari media iklan yang kita sediakan secara online.

” Bisnis online atau bisnis internet inilah yang mampu memberikan peluang yang begitu besar kepada pelaku bisnis rumahan untuk memaksimalkan potensi yang ada dan mendapatkan keuntungan yang bisa dikatakan tidak terbatas “

Dengan menggunakan teknik internet marketing atau pemasaran lewat internet, anda bisa menjual apapun dengan pasar yang tertarget.

Artinya, produk yang akan anda jual, apakah milik sendiri atau milik orang lain sudah punya calon konsumen yang siap mengeluarkan uang, tinggal kita bagaimana meningkatkan kemampuan untuk menjangkau mereka.

Dengan pemasaran internet, produk anda bisa diakses oleh ribuan dan bahkan jutaan orang dari luar daerah maupun luar negeri. Dengan teknik yang tepat, anda bisa meraih keuntungan yang tidak terbatas!

Itulah potensi luar biasa dari bisnis rumahan yang dipadukan dengan teknologi internet, tinggal kita yang memutuskan apakah kita akan menjadi pelakunya atau sekedar menjadi penonton orang lain yang menikmati kesuksesan finansial dari bisnis rumahan modal kecil ini.

Nah bagi sobat yang semakin penasaran dan ingin mengetehui bagaimana cara memulai, mengembangkan atau mendapatkan ide bisnis, memilih tipe bisnis, mencari produk dan mulai menjalankan bisnis anda silakan mengunjung layanan revolusi bisnis rumahan, bersama Borneo bisnis Center – Pusat pelatihan dan Pendidikan Bisnis Yang ada di Samarinda, Kalimantan Timur

Catatan: Untuk Bisa memulai bisnis rumahan dengan modal kecil, salah satu strategi terbaik adalah ikut dalam sebuah bisnis yang sudah memiliki sistem dan Marketing dengan Internet.

Salah satu rekomendasi Kami adalah HPA Indonesia, sebuah Bisnis yang memilih Platform atau bentuk Personal Franchise yang sudah memadukan pemasarannya dengan metode Internet Marketing.

 

Semoga Bermanfaat dan Bisa Membuka Pikiran kita tentang Potensi Luar Biasa Dari Bisnis Modal Kecil yang bisa dilakukan dari rumah.

Silakan dishare jika sobat merasa ada manfaatnya.

Leave a Comment