Sukses Berbisnis Online Dalam 30 Hari – Hari Ke 5 : Memilih dan Menentukan Ide Bisnis Terbaik

Sukses atau Tidaknya suatu bisnis sangat bergantung kepada pemilihan Jenis dan Ide Bisnis yang akan ditekuni. Kesalahan yang paling sering dilakukan oleh seorang pemula dalam memilih dan menetukan ide bisnis adalah Ikut-ikutan karena melihat hasil dan pencapaian orang lain.

Ide bisnis Terbaik buat orang lain belum tentu yang terbaik buat kita. Mana yang terbaik untuk kita hanya kita sendiri yang mengetahuinya melalui Riset!

 

Sukses Berbisnis Online dalam 30 Hari - Tantangan Bisnis Online Hari Ke 5 - Cara Menentukan Ide Bisnis Terbaik

Assalamu Alaikum Wr. Wb, Salam Sukses sobatpreneur Mudah – mudahan Usaha dan Bisnis Kita semakin berkembang dan selalu di bawah Bimbingan Allah SWT agar selalu berada di jalan bisnis yang benar.

Kami ucapkan selamat datang kembali di kursus Gratis Tantangan Sukses Berbisnis Online Dalam 30 hari bersama Borneo Bisnis Center yang telah memasuki hari ke 5, memilih dan menentukan ide bisnis terbaik buat anda.

 

Jika Sobat belum menyelesaikan Tantangan Hari ke 4 silakan diselesaikan terlebih dahulu.

Tanpa perlu banyak pengantar mari kita lanjutkan materi kita hari ini.

 

Cara Mencari, Menemukan dan Menentukan Ide Bisnis Terbaik Untuk Pemula

Jika sudah berbicara mengenai ide bisnis, rasanya waktu satu hari saja tidak akan cukup. Saat ini, dengan adanya internet ada jutaan ide bisnis yang sebenarnya bisa anda garap dan anda jadikan sebagai sumber penghasilan.

Namun sayangnya, dengan banyaknya ide yang tersedia bukan membantu seorang pemula untuk dapat dengan cepat menemukan dan menentukan ide bisnisnya tetapi malah membuatnya menjadi kebingungan dan ragu untuk memilih.

Bagaimana tidak, jika kita mencoba untuk mencari di google dengan kata kunci ide bisnis maka kita akan menemukan banyak artikel dan postingan blog yang membahas tentang ide bisnis ini. Mulai dari kuliner, fashion hingga travel dan bahkan bisnis itu sendiri.

Hal ini kemudian diperparah dengan berbagai macam iming – iming bahwa ide bisnis ini yang terbaik, ide bisnis itu yang bisa menjadikan anda seorang jutawan, ide bisnis ini yang bisa anda lakukan dengan modal kecil atau bahkan tanpa modal sama sekali.

Oleh karena itu, sebagai seorang pemula yang ingin memulai bisnisnya, apalagi bisnis yang akan dijalankan di internet secara online anda harus cerdas dan sedikit smart dalam mencari dan menentukan ide bisnis yang terbaik untuk anda.

Maka tugas anda bukan sekedar mencari, akan tetapi akan meluas menjadi menemukan dan akhirnya kemudian memilih dan menentukan mana sebenarnya ide bisnis yang paling cocok dengan kepribadian anda dan paling memberi motivasi untuk anda eksekusi.

Dengan tantangan yang bisa membingungkan seperti ini, anda mesti memiliki Standar Operasional atau SOP ( kaya perusahaan raksasa saja ya ) dan langkah – langkah yang terstruktur dan sistematis dalam mencari, menemukan, memilih serta menentukan ide bisnis mana yang akhirnya akan anda eksekusi.

 

Bagaimana Cara Menentukan Ide Bisnis Terbaik Untuk Anda Pilih?

Sebagaimana sudah kita singgung sebelumnya bahwa mencari dan menentukan ide bisnis adalah pekerjaan yang sedikit agak memusingkan kepala bagi pemula, maka anda mesti memiliki dan mengikuti cara yang efektif agar aktifitas pencarian ide bisnis anda ini bisa maksimal dan sesuai dengan harapan anda sebelumnya.

Namun demikian, berbicara masalah cara, anda lagi – lagi akan dihadapkan pada permasalahan baru. Ada ribuan orang yang mencoba membagikan teknik dan pengalamannya masing – masing dalam menentukan ide bisnis yang bisa anda coba.

Oleh karena itu, salah satu cara yang menurut kami paling efektif dalam memilih cara ini adalah memiliki seorang mentor atau pembimbing dan mengikuti cara yang diberikan. Dengan demikian, bisa dipastikan bahwa cara yang diajarkan kepada anda adalah cara yang telah terbukti dan memberikan hasil.

 

Cara Memilih Ide Bisnis Ala Borneo Bisnis Center

Karena sobat sudah berada di Tantangan Bisnis Ini, maka dengan sendirinya sobat sudah mengambil keputusan untuk mengikuti cara mencari, menemukan dan menentukan ide bisnis terbaik untuk anda yang diberikan oleh tim Borneo Bisnis Center.

Sobat tidak usah ragu dengan teknik atau langkah – langkah yang akan sobat ikuti, karena apa yang akan anda dapatkan bisa disebut sebagai sebuah SOP yang akan menjamin keberhasilan bisnis anda di masa depan.

Cara mencari, menemukan dan menentukan ide bisnis ini merupakan intisari yang telah kami rangkum dengan sangat hati – hati dari berbagai pakar bisnis di dunia, meskipun tidak seluruhnya.

Cara ini telah dilakukan dengan tingkat keberhasilan tinggi dan telah mencetak jutawan dan milyuner baru lewat internet.

Namun sebelum anda mengikuti langkah – langkah dalam mencari ide bisnis ini, anda harus mengetahui dan memahami bahwa ada syarat yang harus dipenuhi oleh sebuah ide bisnis agar bisa dianggap sebagai yang terbaik dan ideal.

 

Syarat Memilih Ide Bisnis Terbaik Buat Anda!

Apa syarat atau kondisi yang harus dipenuhi oleh sebuah ide bisnis agar bisa berhasil dalam eksekusi anda nantinya?

Setidaknya ada 5 syarat yang harus dipenuhi oleh sebuah ide bisnis agar bisa di sebut sebagai ide bisnis yang ideal, yaitu;

  1. Memiliki ikatan emosional dengan pribadi anda baik minat dan passion, bakat, skill, pengetahuan maupun masalah yang pernah anda hadapi.
  2. Memiliki Orientasi jangka Panjang dan Fleksibilitas
  3. Dicari oleh Banyak Orang dan Memberi Solusi
  4. Profitable
  5. Lulus Test SWOT

Mari  kita coba ulas satu persatu syarat di atas sebelum anda mengambil langkah – langkah teknis memilih ide bisnis.

 

Ide Bisnis Anda Harus Memiliki Ikatan Emosional dengan Pribadi Anda

Coba Sobat bayangkan bagaimana rasanya jika kita melakukan suatu pekerjaan atau diminta melakukan suatu pekerjaan namun sebenarnya kita tidak menyukai pekerjaan tersebut!

apa yang akan terjadi dan apa yang akan anda lakukan?

Ada dua kemungkinan.

Kemungkinan pertama, kita  akan menolak melakukan pekerjaan tersebut jika yang meminta adalah orang yang tidak memiliki otoritas terhadap kita.

Sedangkan kemungkinan kedua, kita akan melakukannya meskipun dengan bersungut – sungut, jengkel dan Berbagai persaaan lainnya yang bercampur aduk dan menggerutu – jika yang meminta adalah orang yang memiliki otoritas terhadap diri kita misalkan orang tua, guru atau atasan di kantor.

Hal ini juga berlaku dengan memilih ide bisnis.

Jika ide bisnis yang anda pilih tidak memiliki ikatan emosional dengan anda, tidak anda senangi dan cuma memilihnya karena iming – iming penghasilan dan ikut – ikutan dengan teman atau orang lain, anda tidak tertarik, tidak memiliki pengetahuan dan skill di bidang tersebut maka yakinlah anda akan melakukannya dengan setengah hati.

Anda akan melakukan action atau tindakan secara asal – asalan dan anda akan mudah untuk banting stir dan beralih ke ide bisnis lainnya dan memulai semuanya dari nol atau bahkan menyerah sama sekali.

Anda sudah membuang waktu, uang, tenaga dan pikiran anda.

Oleh karena itu bijak dan cerdaslah dalam memilih bisnis. cari dan pilihlah ide bisnis yang sesuai dengan passion anda, minat anda, keahlian dan bahkan pengalaman anda sebelumnya.

dengan cara pemilihan seperti itu anda akan termotivasi untuk mengeksekusi, anda akan memiliki banyak bahan untuk diolah.

Istilahanya anda bisa membicarakannya 7 hari 7 malam.

Ada beberapa alasan mengapa hal ini harus menjadi pertimbangan anda saat memilih ide bisnis.

Alasan yang pertama, jika anda memilih ide bisnis yang sesuai dengan minat dan keahlian anda maka peluang untuk berhasil sangat besar.

Alasan kedua, jika anda memilih ide bisnis yang tidak sesuai degan passion atau ikatan emosional dengan anda maka besar kemungkinan bagi anda untuk segera mundur dari bisnis tersebut.

Anda akan mudah untuk menyerah saat menghadapi atau membentur sebuah tantangan atau masalah yang sebenarnya tidak terlalau besar atau berat.

Nnamun karena tidak ada dorongan dan motivasi yang kuat maka semangat anda akan segera hilang.

Salah satu tantangan yang sering terjadi bagi seorang pebisnis pemula apalagi di internet adalah hasil yang tertunda.

Begitu banyak kita dengar kasus di mana seseorang pebisnis online gagal atau belum pecah telur dengan bisnisnya selama berbulan – bulan atau bahkan setelah tahunan menekuninya.

Bahkan menurut sebuah data tingkat kegagalan bisnis di internet mencapai 90 sampai 95%.

Sebuah persentase yang sangat besar.

Apa yang akan terjadi jika anda tidak memiliki minat terhadap bisnis anda? Saya jamin anda akan segera menyerah dan bergabung dengan 90% orang yang gagal lainnya!

 

Pengalaman Pribadi saya bisa dijadikan Sebagai contoh.

Saya memilih untuk membangun bisnis dengan ide membangun pelatihan bisnis dan pengembangan diri karena saya sangat antusias dan sangat tertarik dengan hal – hal yang berbau bisnis dan cara menghasilkan uang dari rumah.

Saya sangat menggemari bidang pengembangan diri, Psikologi serta motivasi. Saya juga memiliki obsesi untuk bisa belajar dan berhasil kemudian ingin berbagi dengan orang lain.

Namun dalam perjalanan bisnis saya di awal – awal tidak seindah yang saya harapkan. Hal yang saya idam – idamkan tidak datang dalam hitungan bulan.

Tidak mudah bagi saya sebagai seorang pemula untuk bisa bersaing dengan para mastah dan ahli yang telah lebih dahulu menekuni bisnis di bidang ini bertahun – tahun sebelumnya.

Butuh kerja keras dan konsistensi sebelum kita menikmati hasil. Butuh 6 bulan penantian dan usaha sebelum usaha saya berhasil pecah telur.

Sebuah perjalanan bisnis yang sangat panjang menurut saya.

Anda bisa bayangkan jika saya hanya ikut – ikutan dan tidak memiliki passion yang sangat kuat untuk terjun di dunia bisnis tersebut. Saya pasti sudah menyerah dan buang handuk di awal – awal bulan pertama atau kedua.

Namun karena tekad dan motivasi yang ada di dalam diri saya maka setiap hari tanpa penghasilan yang saya lewati saya anggap sebagai investasi dan bentuk pembelajaran diri. Saya meti menempa diri menjadi pribadi yang layak mendapatkan penghasilan dari internet?

Bagaimana caranya?

Dengan mengejar obsesi saya penuh motivasi bahwa hanya yang layak yang akan berhasil. Saya hanya perlu melayakkan diri dengan belajar dan action kemudian memberikan yang terbaik dari waktu dan kemampuan saya.

Saya sudah memilih bisnis ini, maka saya memiliki tanggung jawab untuk berhasil di bisnis ini. Apapun yang dibutuhkan!

Oleh karena itu pilihlah ide bisnis yang memiliki ikatan emosional dengan pribadi anda apakah karena anda memiliki minat atau passion terhadap ide tersebut, memiliki keahlian atau kemampuan atau bahkan anda memiliki pengalaman sebelumnya.

Ide Bisnis Anda Harus Memiliki Orientasi Jangka Panjang Dan Fleksibilitas

Hal kedua yang harus menjadi perhatian anda dalam memilih ide bisnis adalah orientasi jangka panjang dan flesibilitas dalam eksekusinya.

Orientasi jangka panjang maksudnya bisnis yang akan anda tekuni bukanlah bisnis yang bersifat musiman. Istilah kerennya Evergreen Business. Bisnis yang memiliki tren yang stabil dari tahun ke tahun dan selalu memiliki peminat.

Demikian juga, anda mesti memperhatikan sumber daya atau resource dari bisnis anda. Jangan sampai anda kekurangan suplay pada hal promosi dan marketing anda lakukan secara terus menerus.

Jika hal ini terjadi akan berdampak sangat besar terhadap bisnis anda. Selain bisnis anda bisa tutup kredibilitas anda juga sangat dipertaruhkan.

Contoh evergreen business adalah bisnis dibidang kesehatan, travel, pendidikan dan bahkan bisnis informasi.

Demikian juga, dalam memilih ide bisnis anda juga harus memilih ide yang memiliki fleksibilitas. Artinya ide bisnis anda harus bisa menyesuaikan dengan perkembangan zaman atau anda harus siap untuk digilas oleh pesaing anda.

Begitu banyak perusahaan besar yang rontok hanya karena tidak mampu mengikuti perkembangan dan perubahan zaman baik dalam hal penciptaan produk maupun dalam hal inovasi marketing.

Tengoklah Panasonic, Toshiba, Nokia, Motorola.

Mereka adalah perusahaan yang sudah tidak bisa diragukan lagi pada zamannya. Namun seiring waktu karena mereka tidak mampu menyesuaikan diri akhirnya gaungnya mulai runtuh. Mereka terlindas oleh dominasi Samsung dan Apple.

Bahkan Nokia yang masih berusaha untuk bangkit masih tertatih – tatih dan terseok  – seok melawan gempuran pesaing yang terus bermunculan dengan inovasi terbaru mereka.

Di kalangan masyarakat kitapun hal ini terjadi.

Lihatlah wartel, warnet dan warung – warung rakyat kecil di sekitar kita.

Jika warnet dan wartel digilas oleh telkomsel dan sistem telepon nirkabel, maka warung – warung rakyat digilas oleh pesatnya pertumbuhan Gerai indomaret cs.

Tidak lama lagi, toko – toko penjual pulsapun akan segera hilang dengan mulai munculnya sistem PPOB Pribadi.

Sekali lagi, pilihlah bisnis yang berorientasi jangka panjang dan Fleksibel dalam mengeksekusi. Dipasarkan secara offline oke dipasarkan di internet juga No problem.

Sebuah kata bijaksana bisa jadi mewakili hal ini.

Bisnis online akan dimenangkan oleh mereka yang bisa bertahan lebih lama bukan yang memiliki modal lebih besar.

 

Diminati Banyak Orang dan Memberi Solusi

Salah satu faktor yang membuat sebuah bisnis begitu mudah gulung tikar atau tutup adalah karena sepi peminat atau pengunjung. Hal ini terjadi karena secara umum para pebisnis pemula tidak merencanakan bisnisnya.

Mereka, para pemula itu hanya memilih dan menjalankan bisnis atas dasar prasangka dan perkiraan. Mereka hanya menerka secara emosional bahwa produk atau ide bisnis yang mereka pilih sangat bagus.

Mereka hanya melakukan dugaan dan perkiraan tanpa di dasari oleh data – data dari hasil riset pasar atau penelitian sebelumnya.

Salah satu syarat bahwa bisnis itu layak adalah diminati banyak orang namun sedikit persaingan.

Hal ini hanya bisa dilakukan dengan melakukan penelitian dan market research. Anda mesti mengenal siapa dan berapa banyak orang yang berminat terhadap produk yang anda tawarkan.

Selain diminati oleh banyak orang bisnis anda juga seharusnya bisa memberi solusi bagi klien anda.

Betapa banyak kita temukan di lingkungan sekitar kita produk – produk yang sebenarnya sangat diminati oleh masyarakat namun kurang dalam hal manfaat atau tidak memberi solusi.

Bisa kita perhatikan produk rokok misalnya.

Rokok adalah produk yang sangat menggiurkan dan bernilai milyaran rupiah setiap bulannya. Namun sayangnya, resiko yang dihasilkan dan dampak buruk yang ditimbulkan jauh lebih besar dan lebih berbahaya.

Sekedar Informasi bahwa biaya yang harus dikeluarkan pemerintah maupun konsumen sendiri untuk mengatasi masalah yang ditimbulkan jauh lebih besar  daripada keuntungan yang diperoleh pengusaha.

Contoh lain yang sedang marak adalah membanjirnya produk – -produk asal negara China sana.

Betapa banyak kita temukan dan mungkin hampir semua produk mainan yang dijual saat sekarang berlabel Made in China.

Tidak masalah sebenarya.

Produk dari negara manapun jika memberi manfaat sangat kita hargai. Namun anda bisa lihat sendiri bahwa mainan yang berasal dari negara tersebut adalah mainan yang saya sebut sebagai Produk Sampah.

Bagaimana tidak!

Produk mainan tersebut akan rusak setelah satu atau dua kali dimainkan oleh anak – anak dan setelah itu akhirnya dibuang dan menjadi sampah. Bahkan banyakproduk mainan yang sudah rusak terlebih dahulu meskipun masih ada di toko.

Belum lagi jika mainan tersebut mengandung bahan kimia berbahaya saat pembuatannya.

Bisa kita bayangkan betapa ngerinya jika setiap hari anak – anak kita membeli mainan berbahaya tersebut. Dan yang membeli bukan hanya seribu dua ribu orang, tetapi jutaan orang tua yang selalu membeli anak – anaknya mainan produk sampah ini.

Oleh karena itu bijaklah dalam memilih produk dan ide bisnis anda. Pilihlah produk yang memang memberi solusi dan manfaat yang sebesar – besarnya terhadap klien dan konsumen anda.

Contoh Ide Bisnis yang ideal yang menyatukan antara Solusi dan Kualitas Produk adalah HPAI Indonesia.

Disamping menyediakan produk – produk yang bermanfaat dengan jaminan kualitas, setiap produk yang dijual juga sudah dijamin kehalalannya.

Produk yang dijual juga adalah produk yang dicari oleh orang banyak dan akan selalu dibutuhkan. Dan yang pasti biaya untuk mengikuti bisnis ini sangat terjangkau, hanya 30 ribu rupiah tetapi potensi penghasilannya bisa Jutaan bahkan puluhan juta perbulan, secara passif.

contoh Ide Bisnis yang Menyatukan antara Solusi dan Kualitas Manfaat
contoh Ide Bisnis yang Menyatukan antara Solusi dan Kualitas Manfaat, Fleksibiltas dan Profitabilitas.

 

Profitable atau Menguntungkan

Menguntungkan bukan hanya dalam hal keuntungan materi, Tetapi juga dalam hal yang bersifat spiritual.

Ustad Yusuf Mansur, Pendiri Paytren bisa menjadi contoh pebisnis online yang betul – betul mengerti apa artinya Profitable dan Menguntungkan.

Menurut ustad Yusuf Mansur, yang namanya berbisnis itu bukan sekedar untuk dan rugi secara finansial. Tetapi Bisnis Itu adalah masalah halal dan haram.

Masuk Surga atau Neraka.

Ustad Yusuf Mansur memiliki Pandangan yang sangat jauh ke depan. Bukan sekedar mencari keuntungan bersifat materi di dunia namun ia lebih mengutamakan kebahagiaan dan hasil di alam akhirat yang tidak berujung.

Demikian juga kita. Dalam berbisnis kita mesti meniru orang yang benar. Jangan asal mengikuti cara atau pola bisnis yang menghalalkan segala cara.

Memang ada?

Banyak.

Banyak orang yang berusaha mencari uang dari internet tanpa mempedulikan produk apa yang dijual, bagaimana caranya. Yang penting mendapatkan profit dan keuntungan materi yang sebesar – besarnya.

Bisnis Bukan sekedar untung rugi, tetapi lebih kepada halal dan haram. Surga dan Neraka.

Itulah prinsip yang dipegang oleh Ustad Yusuf Mansur dalam berbisnis

Demikian juga, profitable artinya kita membangun bisins itu dengan modal awal yang tidak terlalu besar.

Tidak memberatkan.

Jangan sampai kita mesti mengorbankan modal yang banyak hanya untuk memulai bisnis. Siapkan modal anda cukup untuk mendapatkan pelatihan dan training, menyiapkan tools yang wajib di miliki serta biaya operasional sehari  – hari.

Bisnis online adalah bisnis yang menurut saya sangat profitable, karena biaya yang kita butuhkan sangat kecil dibandingkan dengan bisnis konvensional. Demikian pula biaya untuk operasional sehari – hari bisa kita anggap tidak ada.

Kenapa, karena setelah kita menyediakan tools dan menguasai materi bisnisnya yang kita perlukan hanyalah koneksi internet. Dan ternyata koneksi internet ini sudah menjadi konsumsi kita sehari – hari meski tidak menjalankan bisnis.

Jadi dari pada koneksi internetnya hanya digunakan untuk sesuatu yang banyak membuang waktu lebih baik dimanfaatkan untuk sesuatu yang menghasilkan uang.

Profitable juga bisa diartikan dengan biaya kecil untung besar.

Teknik ini dijelaskan dengan baik oleh Salah satu guru saya Ramith. Dia membagi ide bisnis ke dalam 4 bagian atau kuadran yang berbeda. jadi bukan hanya cash flow yang berbeda – beda kuadran, ternyata ide bisnis juga dibagi berdasarkan kuadran.

silakan perhatikan Gambar diagram di bawah!

Diagram ide bisnis; Cara memilih ide bisnis yang menghasilkan profit
Gambar Diagram ide bisnis yang diperkenalkan oleh Ramith, salah satu mentor bisnis saya dari India. Ada 4 kuadaran yang bisa dipergunakan untuk memilih ide bisnis yang ideal

 

Mari kita ulas Diagram di atas.

Diagram pertama menunjukkan kuadran di mana posisi High Price dan Few Customer.

Artinya, ide bisnis yang masuk dalam kategori kuadran ini adalah ide bisnis yang bisa menghasilkan keuntungan besar namun sangat jarang diminati oleh orang.

Harganya selangit, Ada Peminat namun sangat sedikit.

Contoh yang diberikan Ramith adalah Kursus Privat Menghasilkan 100 ribu Dollar. Dia memberikan Kursus Prifat ini senilai 10 ribu Dolar.

Bayangkan, untuk bisa ikut kursus itu anda harus membayar 100 Juta rupiah.

Hanya Orang – orang yang super Serius yang mau mengikutinya, namun ada. Tetapi sangat sedikit orang yang mau membayar sebear itu untuk sebuah kursus.

Ini disebut High End Product oleh Ramith.

Biasanya orang  – orang ini adalah orang yang telah mengenal Ramith dan telah mengikuti Kursus bisnis dengan harga yang lebih murah sebelumnya. jadi mereka sebenanrya sudah mengetahui kualitas dari kursus itu sendiri sebelum memutuskan untuk membelinya.

 

contoh ide bisnis yang memiliki harga tinggi tetapi kurang peminat
contoh ide bisnis yang memiliki harga tinggi tetapi kurang peminat

 

Diagram Kedua di sebelah kanan Menunjukkan High Price dan Many Customer. Artinya ini adalah kuadran dimana ide bisnis anda memiliki harga atau biaya yang tinggi namun peminatnya juga banyak. Contoh yang diberikan Ramit adalah bagaimana Mendapatkan Pekerjaan Impian.

 

contoh ide bisnis yang memiliki harga tinggi dan juga banyak peminat
contoh ide bisnis yang memiliki harga tinggi dan juga banyak peminat. Bagaimana mendapatkan Pekerjaan ideal bagi masyarakat di Amerika.

 

Meskipun harga yang diberikan tidak setinggi High End Product namun biaya kursus ini juga masih relatif tinggi.

Ramith sendiri membandrol kursusnya sebesar 1000 Dolar atau 10 Juta rupiah dan ternyata di luar, di Amerika sana banyak orang yang tidak bahagia dengan pekerjaannya saat ini dan memilih mencari krusus atau panduan komplit untuk mendapatkan Pekerjaan yang sesuai dengan minat dan passion mereka.

Ramith menyebut produk ini dengan Golden Goose!

Diagram ketiga adalah diagram Low Price dan Few Customers.

 

contoh ide bisnis yang memiliki harga rendah dan juga kurang peminat
contoh ide bisnis yang memiliki harga rendah dan juga kurang peminat, ebook tutroail gratis asuransi kesehatan I will teach to be rich. Tutorial gratis Bagaimana mendapatkan asuransi kesehatan

 

Ini adalah kuadran dimana produk yang diberikan memiliki nilai jual yang sangat rendah namun ternyata juga sangat sedikit peminatnya. Dia istilahkan sebagai Labour Of Love. Ada ada saja ya!

Contoh yang diberikan Ramith adalah Ebook cara memilih asuransi kesehatan dan ternyata tidak banyak yang berminat.

Menurut Ramith, dia membuat produk ini karena mengira akan banyak orang yang berminat tanpa melakukan riset. ternyata dia salah.

 

Diagram yang terakhir adalah kuadran yang dia sebut Mass Market, Atau Pasar yang Ramai. Kuadran ini di isi oleh ide bisnis yang sangat diminati oleh banyak orang dan dijual dengan harga sangat murah, Tentu saja banyak orang yang mau membeli produk dengan kualitas bagus dan harga rendah.

 

contoi ide bisnis dengan harga rendah dan banyak peminat
contoh ide bisnis dengan harga rendah dan banyak peminat adalah ebook yang dia jual dengan harga 10 Dollar yang mengajarkan bagaimana mejadi orang kaya. SIapa yang tidak mau ya?

 

Contoh yang diberikan Ramith adalah Ebook yang dia jual seharga 10 Dolar atau senilai 100 ribu rupiah. Di luar sana 10 Dolar itu hanya cukup untuk dipergunaan sekali makan, jadi bukan soal bagi mereka untuk membeli produk senilai itu.

Jika anda masih pemula maka sebaiknya mulailah dengan ide bisnis yang termasuk kuadran ini!

Lalu bagaimana anda mengetahui bahwa ide anda berada di kuadran mana? Hal itu akan anda ketahui dengan mengikuti langkah – langkah yag akan kami tunjukkan sebentar lagi.

 

Lulus Test SWOT

Inilah syarat terkahir yang harus dimiliki oleh sebuah ide bisnis yang idea. Lulus test Swot.

Mungkin istilah ini baru anda dengar dan masih asing di telinga.

Swot adalah singkatan dari Strength, Weakness, Opprtunity dan Treats.

Strength artinya anda harus memahami dan mengetahui dengan baik apa kekuatan dan kelebihan dari ide bisnis yang akan anda eksekusi.

Demikian juga, anda harus mengetahui kekuatan dan kelebihan yang anda miliki. Jangan sampai anda tidak memiliki kelebihan atau kekuatan yang berkaitan dengan ide bisnis anda.

Ide bisnis yang tidak memiliki keunikan sendiri dan berbeda dari orang lain akan sangat sulit untuk bisa bersaing.

Weakness artinya kelemahan. Apa yang menjadi kelemahan dari ide bisnis anda dan diri anda. Apa kekurangan yang mesti anda antisipasi dari ide bisnis ini.

Anda mesti memilih ide bisnis dengan kekuatan atau kelebihan yang jauh lebih banyak dan lebih besar dari kelemahannya.

Opportunities artinya peluang.

Orang bijak mengatakan di mana ada masalah di sana ada peluang.

Adakah peluang yang bisa anda manfaatkan dari ide bisnis ini?

Satu – satunya cara adalah dengan melakukan riset pasar agar anda bisa mengetahui siapa pesaing anda, berapa banyak pesaing anda dan berapa banyak peminat produk anda.

Riset pasar juga memungkinkan anda untuk mengetahui seberapa berat tingkat persaingan yang akan anda jalani dari ide bisnis ini nantinya sehingga anda sudah bisa mempersipakan diri menghadapinya.

Misalnya anda sudah siap untuk tidak mendapatkan hasil dalam 6 bulan pertama jika persaingan bisnis anda sangat ketat.

Swot juga memiliki diagram dan bisa anda perhatikan melalui gambar di bawah.

Memilih ide bisnis berdasarkan penilaian SWOT
Memilih ide bisnis berdasarkan penilaian SWOT. Bagaimana mengetahui kekuatan dan kekurangan anda serta ide bisnis yang dipilih serta memahami peluang dan gangguan yang akan dihadapi di masa depan.

 

Itulah syarat yang mesti dipenuhi oleh sebuah ide bisnis agar bisa dianggap sebagai ide bisnis ideal.

Jika anda memiliki pendapat lain silakan ditambahkan di kolom komentar di bawah.

 

Setelah mengetahui syarat – sayar ideal sebuah ide bisnis sekarang saatnya kita menuju ke hal yang bersifat teknis, Tools yang dibutuhkan untuk mencari, menemukan dan menentukan ide bisnis kita.

 

Tools atau Peralatan yang Dibutuhkan Untuk Menemukan Ide Bisnis Terbaik Buat Anda!

Sebagaimana anda sudah pahami dari artikel panjang di atas, menemukan ide bisnis itu tidak datang dengan sendirinya. Ide bisnis tidak datang atau turun dari langit tetapi dicari dan ditemukan.

Nah, untuk melakukan pencarian ini kita tentu saja membutuhkan tools atau perlengkapan. Mencari jangkrik di kebun saja butuh senter apalagi mau mencari ide bisnis untuk sumber penghasilan.

Baik, apa saja tools atau perlengkapan yang anda perlukan untuk menemukan ide bisnis online anda?

 

1.Google

Jika sudah berbicara mengenai bisnis, terutama bisnis online maka kita mesti selalu bersahabat dengan Google, dan menggunakan segala tools yang disediakan, yaitu Gmail, KeywordPlanner, Google trends, dan Googgle Search Suggestion.

Setidaknya ini yang paling sering dipergunakan oleh para internet marketer di dunia, semuanya gratis.

2.Keyword Research Tools

Keyword Research Tools ini akan dipergunakan untuk melakukan pencarian data – data mengenai keyword atau kata kunci apa saja yang paling sering dicari orang lewat Search Engine atau mesin pencari seperti Google, Yahoo dan Bing.

Keyword Research Tools ini ada banyak jenisnya, yang berbayar dan ada yang gratisan, silakan anda memilih untuk menggunakan yang mana namun jika anda masiah baru dan masih pemula di bisnis ini saya sarankan sebaiknya menggunakan Tools yang gratisan saja dulu.

3. Microsoft Office atau Sistem operasi lain yang memiliki Pengolahan Data seperti Excel.

4. Website Marketplace seperti Tokopedia. Lazada, dan semacamnya

 

Sebagai pemula ke empat tools itu sudah cukup untuk mendukung anda menemukan ide bisnis anda.

 

Action Time

Sekarang kita akan mengulas tentang langkah  – langkah yang harus anda lakukan dalam memilih dan menentukan ide bisnis pertama anda.

 

Langkah – Langkah Mencari, Menemukan, memilih dan Menentukan Ide Bisnis Baru Untuk Pemula

Jika anda mengikuti kursus bisnis online bersama Borneo Bisnis Center anda akan menemukan metode dan praktik langsung cara mencari dan menentukan ide untuk bisnis baru anda.

Namun demikian silakan ikuti langkah yang ada di bawah!

Langkah – langkah Mencari dan menentukan ide bisnis Ala Borneo Bisnis Center

  1. Siapkan Pulpen dan kertas beberapa Lembar. Buat Daftar 25 sampai 30  topik yang paling anda sukai, Apakah yang Memiliki ikatan emosional, keahlian, minat ataupun pasion anda.
Cara Menentukan Ide Bisnis ala Borneo Bisnis Center
Gambar Langkah Pertama Menentukan Ide Bisnis ala Borneo Bisnis Center, membuat daftar 30 Topik umum yang pailng anda minati dan memiliki ikatan emosional apakah berupa pengalaman, keahlian maupun pengetahuan.

 

2. Buatlah kuadran kosong di kertas lain dan Pindahkan Daftar yang telah anda buat ke dalam kuadran kosong yang telah anda buat sesuai dengan kriteria masing – masing. ( Lihat Di atas )

Diagram ide bisnis; Cara memilih ide bisnis yang menghasilkan profit
Langkah kedua dalam memilih ide bisnis ala Borneo Bisnis Center adalah dengaan memindahkan daftar yang telah anda buat sebelumnya sesuai dengan kriteria yang paling sesuai ke dalam kuadran kosong yang telah dibuat sebelumnya.

 

3. Pilihlah Kuadran Mass Market.

Langkah ke tiga dalam menentukan dan memilih ide bisnis
Langkah ke tiga dalam menentukan dan memilih ide bisnis baru adalah dengan memilih ide bisnis yang ada di kuadran mass market, yaitu daftar ide bisnis dengan harga murah dan banyak pembeli.

4. Buat Akun email di Gmail. Jika sudah punya lanjutkan langkah berikutnya, jika belum lihat caranya di sini.

5. Buka Google Planner Keyword Tools.dan login menggunakan email yang sudah anda buat sebelumnya

Gambar Google keyword planner untuk mencari ide bisnis secara online
Gambar Google keyword planner untuk mencari ide bisnis secara online. Google Keyword Planner adalah Tools Gratis yang disediakan Google Untuk Para Pebisnis Online sebagai alat bantu dalam menentukan ide bisnis dan potensi pasar untuk ide bisnis yang di pilih.

 

6. Silakan Pilih Topik Yang sudah anda seleksi dan masukkan salah satunya ke kolom yang disediakan. Sebagai contoh saya pilih ide awal “rumah murah”. Dan hasilnya bisa anda lihat di bawah.

Gambar hasil pencarian ide bisnis dengan menggunakan keyword planner
Gambar hasil pencarian ide bisnis dengan menggunakan keyword planner. Salah satu contoh hasil pencarian untuk ide bisnis rumah murah. Ada sekitar 10 juta pencarian setiap bulannya untuk ide bisnis yang berkaitan dengan Rumah murah

7.  Pilih dan Simpan Hasil Pencarian tersebut di dalam File Exel dengan mnekan tombol download yang disediakan pada kolom atas sebelah kanan.

Download ke dalam format exel hasil pencarian ide bisnis anda
Download ke dalam format exel hasil pencarian ide bisnis anda. Silakan di download dan lakukan sortir untuk kata – kata kunci atau ide yang tidak berhubungan.

8. Ulangi untuk semua topik  yang anda seleksi sebelumnya di langkah nomor 3 seperti yang anda lakukan pada langkah ke 4 samapai langkah ke 7

9. Log out jika selesai dan kunjungi www.google.co.id. Masukkan salah satu topik yang anda pilih ke kolom pencarian dan tekan enter. Lihat persaingan.

Hasil Pencarian terkait ide bisnis rumah murah
Hasil Pencarian terkait ide bisnis rumah murah dengan menggunakan Google.co.id. Ternyata ada banyak jenis kata kunci tambahan yang bisa kita ambil seperti rumah murah di jogja, rumah murah di bogor, rumah murah di bandung dan dan masih banyak lagi.

 

Untuk Melihat Persaingan silakan lihat seberapa banyak website yang membahas dan menjual rumah murah. Agar persaingan yang ditampilkan adalah persaingan real maka sebaiknya bahkan seharusnya pilihlah ide bisnis Lokal dengan kata kunci yang lebih spesifik.

Misalnya saja saya memilih Rumah Murah di Bandung.

 

hasil persainagan yang sebeanrya untuk ide bisnis rumah murah di bandung
Hasil persaingan yang sebenarnya untuk ide bisnis rumah murah di bandung. Ternyata banyak pencarian dengan kata kunci yang lain yang semakin spesifik berdasarkan daerah yang ada di bandung.

 

Jika kita perhatikan ada sekitar 721.000 Persaingan website yang mencoba menduduki peringkat pertama google dengan ide bisnis menggunakan kata kunci rumah murah di bandung.

 

Hasil pencarian untuk rumah murah di bandung
Hasil pencarian untuk rumah murah di bandung menampilkan 721000 website yang siap memberikan informasi mengenai rumah murah dibandung. Namun ini masih informasi awal bukan persaingan yang sesungguhnya.

 

Jika anda mengamati gambar di atas maka kita bisa melihat bahwa ada kota kecil berwarna hijau dengan tulisan iklan. Keterangan ini menunjukkan bahwa ide bisnis rumah murah di bandung adalah ide bisnis yang sangat menjanjikan.

Hal ini ditandai dengan banyaknya pebisnis yang memasang iklan untuk menduduki peringkat pertama di halaman pertama google dengan ide bisnis rumah murah ini.

Jadi bisa kita ambil kesimpulan bahwa mereka yang memasang iklan itu adalah pesaing anda yang menggunkan modal untuk memasang iklan di google. dan ini bukan modal yang sedikit.

Artinya ada hasil yang mereka peroleh dan biaya iklan yang besar itu bisa ditutupi dengan profit dari penjualan rumahnya.

Jika anda meneruskan penelusuran ke bawah maka anda akan menemukan 10 daftar website lain yang juga memberikan hasil untuk ide bisnis rumah murah di bandung.

Website – website ini adalah pesaing anda yang menggunakan teknik SEO untuk bisa menduduki peringkat pertama di google. Teknik SEO ini akan kita bahas pada kurus lanjutan beberapa hari ke depan.

Gambar hasil pencarian rumah murah di bandung ( pesaing yang menggunakan SEO )
Gambar hasil pencarian rumah murah di bandung ( pesaing yang menggunakan SEO ). Semua website ini adalah calon pesaing anda jika anda menggunakan Rumah Murah di bandung sebagai Ide bisnis

 

Tetapi, data yang ditunjukkan oleh google itu bukan data pesaing yang sebenarnya. Jika anda melihat gambar di bawah maka bisa kita lihat bahwa hasil yang paling relevan adalah hanya 90 website yang betul – betul membahas tentang rumah murah di Bandung dengan baik.

Merekalah calon pesaing anda yang sesungguhnya. Dan dengan teknik seo yang akan anda pelajari maka mengalahkan 90 pesaing bukanlah pekerjaan yang sulit untuk dilakukan.

dengan demikian bisa kita mengambil kesimpulan bahwa ide bisnis ini layak anda perjuangkan jika anda berdomisili di bandung dan memiliki minat di bidang perumahan dan property.

 

Persaingan sebenarnya untuk ide bisnis rumah murah di bandung

 

Jika anda masih menginginkan penelusuran lebih jauh mengenai ide bisnis rumah murah dibandung maka google sudah memberikan informasi yang anda butuhkan. Tinggal anda kembangkan lagi seperti langkah di atas.

 

Penelusuran terkait dengan ide bisnis rumah murah di bandung
Penelusuran terkait dengan ide bisnis rumah murah di bandung. Google sudah menyiapkan informasinya untuk bis anda gunakan sebaik mungkin.

 

10. Jika memenuhi syarat lanjutkan, jika tidak ulangi dengan topik yang lain.

11. Setelah menemukan kata kunci yang memenuhi syarat buka ubersuggest dan Cari keyword yang berkaitan.

gambar hasil pencarian untuk ide bisnis rumah murah di bandung dengan ubersuggest
gambar hasil pencarian untuk ide bisnis rumah murah di bandung dengan ubersuggest. Ada sekitar 223 kata kunci yang memiliki kaitan dengan kata kunci utama kita.

 

Silakan lanjutkan scroll ke bawah dan anda akan mendapati ratusan kata kunci yang siap untuk anda kelola menjadi konten webiste anda nantinya.

Gambar salah satu contoh kata kunci yang terkait dengan ide bisnis rumah murah di bandung berdasarkan abjad
Gambar salah satu contoh kata kunci yang terkait dengan ide bisnis rumah murah di bandung berdasarkan abjad. Semuanya diurutkan berdasarkan abdjad dari aA s

 

Pilih dan catat semua kata kunci yang menurut anda bisa menunjang ide bisnis yang sudah anda pilih sebelumnya. Anda akan mendapatkan ratusan ide yang siap mensupport keberhasilan bisnis online anda.

 

Sekarang anda sudah memiliki Ide bisnis dan daftar kata kunci yang akan mendukung ide bisis pertama anda.

Silakan dieksekusi ide bisnis tersebut dan besok kita akan melanjutkan ke tantangan hari ke 6 Sukses Berbisnis Online Dalam 30 hari, yaitu membuat rencana bisnis.

Selamat dan sukses buat kita yang sudah bisa mencari dan menentukan ide bisnis sendiri!

Cara kedua lebih simple, dan diajarkan secara khusus nanti di kursus offline!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *