Cara Menentukan Topik Bisnis Agar Diburu Oleh Konsumen

Bagaimana Cara Anda Menentukan Topik Untuk Bisnis Anda akan Memiliki Pengaruh Besar Terhadap Berhasil Tidaknya Bisnis yang Anda Tekuni!

Assalamu Alaikum Wr.wb – Salam sukses Sobat Netpreneur semoga Bisnis dan Usaha kita semakin Maju dan berkembang serta selalu mendapatkan Petunjuk dari Allah SWT untuk tetap berada di jalur bisnis yang benar. Artikel kita kali ini akan membahas seputar cara menentukan topik bisnis atau dalam bisnis online sering disebut NICHE.

Cara menentukan topik bisnis agar ramai dikunjungi konsumen
Cara Anda Menentukan topik bisnis yang anda pilih akan menentukan ramai tidaknya bisnis anda dikunjungi konsumen. Selain faktor junjungan ini, tentu saja yang lebih utama dan penting adalah bahwa pengunjung yang banyak itu adalah pengunjung yang memang anda targetkan dan siap membuka dompet untuk membeli produk anda.

 

Jika sudah berbicara bisnis ataua usaha, maka yang namanya keuntungan sudah pasti menjadi hal yang wajib untuk dibahas. Namun sayangnya masih banyak pelaku bisnis online masih sering melakukan kesalahan dalam melakukan pekerjaan menentukan topik bisnis ini.

Ada banyak produk Internet marketing yang beredar, entah itu software atau ebook yang menawarkan bagaimana cara mendatangkan banyak pengunjung.

Secara umum, memang memiliki banyak pengunjung itu sangat bagus, akan tetapi akan jauh lebih bagus kalau pengunjung yang datang itu adalah pengunjung yang tertarget dan 75% sudah siapa mengeluarkan uangnya.

Meskipun demikian akan selalu ada perbedaan pendapat dan tentu saja juga tergantung pada model bisnis yang ditekuni.

Apakah Topik atau Niche yang anda pilih memiliki potensi untuk menghasilkan uang?

Berikut ini beberapa pertanyaan yang harus anda jawab untuk mengetahui seberapa besar potensi niche anda untuk menghasilkan uang.

1. Apakah orang yang mengunjungi website anda AKAN membeli sesuatu?
2. Apakah Ada Perusahaan lain yang membayar Google Adwords Untuk Kata Kunci yang anda Bidik?
3. Apa Strategi yang anda gunakan untuk menghasilkan uang?

Anda bisa saja mengajukan beberapa pertanyaan lain tergantung kepada topik atau niche yang akan anda jadikan sebagai materi utama bisnis anda, namun yang menjadi perhatian utama yang perlu anda perhatikan adalah bahwa anda memiliki rencana untuk menghasilkan uang selain daripada memasang Google Adsense di website tersebut.

Google Adsense memang bisa memberikan penghasilan yang besar jika anda membidik niche atau topik tertentu di mana para pengiklan membayar biaya iklan yang besar untuk produk mereka.

Sebagai contoh, jika anda menargetkan pengunjung yang mencari sesuatu yang “Gratis” maka anda akan sedikit kesulitan untuk menghasilkan uang kecuali pada kasus-kasus tertentu.

Saya sendiri mengalami hal yang sama, gagal menghasilkan uang karena tidak melakukan riset di awal. Saya menargetkan kata dan produk gratis dan hanya menempatkan google adsense sebagai sumber penghasilan namun hanya bisa menghasilkan beberapa klik dan beberapa sen.

Maka setelah beberapa kegagalan itu saya akhirnya berbalik dan memutuskan untuk belajar dan melakukan riset sebelum membeli domain dan membuat website berikutnya.

Saya sudah memiliki rencana bagaimana saya akan memonetize atau menempatkan sumber penghasil uang di website tersebut nantinya.

Anda bisa menemukan beberapa contoh kasus website yang telah menghasilkan uang pada beberapa postingan di website ini. Salah satunya adalah tentang Afrizal, si mekanik yang bisa meraih omset penjualan hingga 600 juta rupiah dari websitenya.

Keberhasilan itu diraih hanya karena dia sudah melakukan riset sebelumnya. Dia sudah mengetahui bahwa topik atau nichenya itu memiliki market atau pasar. Dia juga sudah tahu bagaimana nantinya akan memonetize websitenya itu.

Mengenai teknik memonetize ini, banyak cara yang bisa anda lakukan, misalnya dengan menjadi reseller dari produk tertentu seperti baju, atau menjadi affiliate dari program tertentu. Juga bisa anda lakukan dengan menjual keahlian atau layanan atau bahkan anda bisa menjual produk anda sendiri.

Sebagai penutup, bahwa yang menjadi perhatian utama untuk anda perhatikan adalah bahwa kebanyakan orang yang membuat website gagal menghasilkan uang karena tidak melakukan riset yang benar apakah topik atau niche yang dipilihnya itu memiliki potensi untuk menghasilkan uang.

Saya sudah melakukannya bebrapa tahun yang lalu dan saya juga melihat bahwa masih banyak orang yang melakukan hal itu sekarang ini.

jadi, jika anda tidak mau termasuk golongan orang yang membuang – buang waktu dan tidak menghasilkan uang dari website anda maka selalu lakukan riset sebelum memilih ide bisnis, membeli domain dan membuat website baru kemudian selalu ajukan dan jawab 3 pertanyaan ini:

1. Apakah orang yang mengunjungi website anda AKAN membeli sesuatu?
2. Apakah Ada Perusahaan lain yang membayar Google Adwords Untuk Kata Kunci yang anda Bidik?
3. Apa Strategi yang anda gunakan untuk menghasilkan uang?

Saya harap saran sederhana ini bisa membantu anda mengambil keputusan dan menentukan apakah website yang akan anda buat memiliki potensi untuk menghasilkan uang.

Bagaimana cara melakukan riset untuk mengetahui kompetitor atau pesaing bisnis kita dibahas pada Materi Tantangan Sukses Berbisnis Online Dalam 30 Hari.

Salam Sukses Untuk Kita Yang Mau Take ACTION menetukan topik bisnis yang Benar

Leave a Comment